Langsung ke konten utama

Pengertian transportasi dan fungsinya maupun contohnya

Penjelasan atau pengertian transportasi dan fungsinya maupun contohnya – Mungkin kalian sudah tidak asing lagi dengan istilah ini. Jika kalian ingin memahaminya lebih dalam derikut di bawah ini penjelasan secara ringkas mengenai transportasi.
A. Pengertian transportasi
Transportasi adalah alat yang digunakan untuk mengangkut manusia, hewan dan barang ketempat tujuan. Atau definisi transportasi yang lainnya yaitu memindahkan manusia, hewan ataupun barang dari tempat asal ketempat tujuannya dengan memakai suatu alat yang dapat digerakan oleh makhluk hidup atau mesin.
B. Fungsi transportasi
Beberapa fungsi transportasi, yang diantaranya sebagai berikut ini:
  • Untuk melancarkan arus barang maupun arus manusia.
  • Dan untuk menunjang perkembangan ekonomi dengan jasa angkutan.
  • Untuk menunjang perkembangan pembangunan pada suatu daerah.
  • Untuk memudahkan aktifitas manusia dalam kehidupan sehari-hari.
  •  
C. Manfaat dari transportasi
Manfaat transportasi dibagi menjadi 3 bagian, yang diantaranya sebagai berikut ini:
A. Manfaat untuk sosial
Sedangkan manfaatnya bagi sosial, yang diantaranya sebagai berikut ini:
  • Dapat menjadi pelayanan untuk masyarakat baik itu perorangan ataupun kelompok.
  • Memendekan jarak antaran tempat atau daerah.
  • Menyediakan jasa bagi perjalanan.
  • Pertukaran informasi, dan lain-lain.
B. Manfaat bagi ekonomi
Kegiatan ekonomi memiliki tujuan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Saat ini transportasi merupakan salah satu kegiatan yang menyangkut kebtuhan manusia yaitu dengan memindahkan manusia, hewan atau barang dari tempat asal ketempat tujuan sehingga dapat terjadi transaksi (menyediakan jasa angkutan).
C. Manfaat untuk kewilayahan
Dpat memudahkan dalam memenuhi berbagai macam kebutuhan bagi daerah-daerah khususnya daerah yang sedang mengalami pembangunan.
D. Manfaat untuk politis
Manfaat untuk politis, yang diantaranya sebagai berikut ini:
  • Dapat menciptakan persatuan.
  • Dapat Meninkatkan keamanan negara.
  • Pelayanan untuk masyarakat dapat diperluas.
  • Mempermudahdalam mengatasi permasalahan misalnya seperti menuju lokasi bencana.
D. Ruanglingkup transportasi dan Contohnya
Alat ransportasi dibagi kedalam tiga bagian, yang diantaranya sebagai berikut ini:
a. Transportasi darat
1. Transportasi jalan raya
Merupakan jenis kendaraan yang beroperasi memakai jalan, yang diantaranya seperti:
  • Sepeda motor merupakan alat transportasi yang memiliki roda dua dan digerakan oleh motor. Saat ini sepeda motor adalah jenis kendaraan paling banyak digunakan masyarakat RI.
  • Sepeda merupakan alat transportasi roda dua yang digerakan oleh manusia yaitu dengan cara mengayuh pedal.
  • Mobil penumpang merupakan alat transportas yang digerakan oleh motor dan biasanya dilengkapi dengan delapan tempat duduk (maksimal) tidak termasuk tempat duduk sopir.
  • Mobil angkutan barang merupakan alat transportasi bermotor yang digunakan untuk mengangkut barang.
  • Bus merupakan kendaraan yang sama seperti mobil penumpang akan tetapi muatan penumpang atau tempat duduknya lebih banyak.
Dan masih banyak lagi alat transportasi darat yang digunakan di jalan raya, misalnya seperti: becak, bemo, delman dll.
2. Kereta api
Kereta api merupakan alat transportasi yang bergerak di rel, kereta api dapat berjalan sendiri ataupun dirangaikan dengan kendaraan lain. Kereta api merupakan alat transportasi yang sedang populer saat ini karena alat transportasi ini bebas dari macet dan dapat mengangkut penumpang maupun barang dalam jumlah banyak. Kereta api umumnya terdiri dari lokomotif dan rangkain gerbong.
b. Transportasi laut
Alat transportasi laut merupakan kendaraan yang dapat beroperasi di laut atau air, yang diantaranya seperti:
  • Sampan merupakan alat transportasi yang berukuran 3-5 meter, umumnya digunakan di sungai maupun di danau sebagai alat transportasi dan untuk menangkap ikan.
  • Kapal merupakan alat transportasi pengangkut manusia, hewan dan barang di laut atau air perahu yang kecil.
  • Feri merupakan alat transportasi laut jarak dekat. Feri memiliki peranan yang sangat penting dalam pengangkutan bagi banyak kota di pesisir pantai. Feri dapat membuat transit langsung antara dua tujuan dengan biaya yang relatif murah atau lebih kecil.
c. Transportasi udara
Alat transportasi udara merupakan kendaraan yang beroperasi di udara seperti pesawat terbang. Pesawat terbang mampu terbang di udara atau di atmosfir dan umumnya digunakan untuk mengangkut manusia maupun barang.
E. Prasarana transportasi
a. Prasarana transportasi di darat
Prasarana transportasi darat diantaranya seperti jalan raya, jembatan termasuk bagian perlengkapannya misalnya seperti halte bus. Khusus untuk kereta api munggunakan jalur khusus yang disebut dengan Rel. Rel akan mengarahkan kereta api ketempat atau statsiun tujuan.
b. Prasarana transportasi di laut
Prasarana untuk transportasi laut yaitu pelabuhan. Pelabuhan merupakan suatu fasilitas yang berada di ujung sungai, danau ataupun samudra yang berguna untuk tempat singgah kapal laut, mengangkut barang, memindahkan barang maupun mengangkut  dan menurunkan penumpang.
c. Prasarana transportasi di udara
Prasarana untuk transportasi udara yaitu bandar udara atau lebih sering disebut dengan bandara. Bandara merupakan suatu fasilitas untuk pesawat terbang lepas landas maupun untuk mendarat. Bandara juga dilengkapi dengan operator layanan penerbangan dan lain-lain.
Nah… itulah penjelasan yang ringkas tentang pengertian transportasi, dan semoga bermanfaat bagi kalian yang telah membacanya serta jika kalian menemukan kesalahan atau kekurangan kami mohon maaf. Terimakasih telah berkunjung.


Komentar

Posting Komentar

SewaTruck Box

Tentang kami

Berdiri pada 10 Oktober 2010, berawal dari beberapa orang saja, sekarang sudah mencapai puluhan orang yang menjadi bagian penting berdirinya PT. Putra Dwimitra Lestarindo, perusahaan yang bergerak dibidang jasa pengurusan dokumen ekspor dan impor, konsultasi bisnis dan trucking yang melayani rute dari kota bandung ke seluruh kota yang ada dipulau jawa, membuat PT. Putra Dwimitra Lestarindo Semakin Optimis dimasa yang akan datang.

Definisi Angkutan Barang

Definisi Angkutan Barang Peng angkutan merupakan kegiatan transportasi dalam memindahkan barang dan penumpang dari satu tempat ke tempat lain atau dapat dikatakan sebagai kegiatan ekspedisi. Purwosutjipto berpendapat bahwa: “Peng angkutan adalah perjanjian timbal-balik antara pengangkut dengan pengirim, dimana pengangkut mengikatkan diri untuk menyelenggarakan peng angkutan barang dan/atau orang dari suatu tempat ke tempat tujuan tertentu dengan selamat, sedangkan pengirim mengikatkan diri untuk membayar uang angkutan” Sebagai suatu kegiatan jasa dalam memindahkan barang atau pun penumpang dari suatu tempat ke tempat lain, peng angkutan berperan sekali dalam mewujudkan terciptanya pola distribusi nasional yang dinamis. Praktik penyelenggaraan suatu peng angkutan harus dapat memberikan nilai guna yang sebesar-besarnya dalam dunia perdagangan. Serta dalam pelaksanaannya harus dilakukan secara adil dan merata kepada segenap lapisan masyarakat dan lebih mengutamakan kepe

SEWA TRUCK BANDUNG